Blog Nirmala

Beberapa Penyebab Hernia yang Kerap Terjadi

27 Jan 2016 - 11:32 WIB

Penyebab hernia adalah pemicu penyakit hernia yang sering kali terjadi pada seseorang. Penyakit hernia yang biasa dikenal dengan sebutan turun berok masih cukup banyak ditemukan pada masyarakat Indonesia. Walaupun merupakan jenis penyakit yang kerap kali terjadi, namun belum semua orang mengetahui apa saja yang menjadi penyebab hernia yang sering ditemui. Ada baiknya anda membaca juga penyebab hernia pada bayi.

Batuk Berkepanjangan
Penyebab penyakit hernia yang paling umum ialah batuk yang terjadi berkepanjangan. Ketika batuk terjadi, maka keadaan otot perut akan menegang dan menjadikan posisi organ pada perut Anda berubah. Apabila keadaan tersebut terjadi terus-menerus dalam kurun waktu yang cukup lama, maka akibat yang dapat terjadi pun semakin fatal untuk tubuh Anda. Usus Anda yang terletak pada perut bagian bawah dapat turun menuju kantong hernia dan bahkan hingga terjepit dan menyebabkan penyakit hernia terjadi.

Batu berkepanjangan juga ditengarai menjadi penyebab terbesar mengapa hernia paling sering ditemui pada orang yang berusia lanjut dan telah mengalami penyakit batuk yang berkepanjangan. Sebagai solusi, apabila Anda mengalami batuk yang telah terjadi cukup lama, maka segeralah menjadi penanganan yang tepat untuk penyakit batuk Anda tersebut sehingga tak menyebabkan atau memicu penyakit yang lain yang lebih parah dibandingkan dengan batuk itu sendiri. Menghindari beraktivitas dengan berlebihan juga menjadi langkah yang tepat apabila Anda sedang mengalami penyakit batuk dalam waktu yang cukup panjang.

Mengangkat Beban yang Terlalu Berat
Penyebab lain dari penyakit hernia ialah mengangkat beban yang terlalu berat. Ketika Anda mengangkat beban yang terlalu berat, maka bagian perut akan mendapatkan tekanan yang besar dan dapat menyebabkan usus menjadi turun menuju ke kantong skrotum dan menyebabkan hernia terjadi. Proses mengangkat beban yang berat berlebihan dan sering kali dilakukan sehingga perut Anda tak kuat menahan beban tersebut.

Apabila beban berat terjadi terlalu lama, kemungkinan penyakit hernia akan menjadi lebih parah. Ketika gejala hernia telah mulai terasa dan nampak pada tubuh Anda, proses mengangkat beban berat bahkan harus Anda hentikan secara total dan tidak lagi dilakukan. Melanggar saran tersebut justru dapat membahayakan kesehatan Anda dalam jangka panjang dan menambah kemungkinan Anda terkena hernia dalam tahap yang cukup parah. Ketika gejala sudah terjadi, segeralah hubungi tenaga medis agar Anda segera mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Perubahan Berat Badan Secara Drastis
Perubahan bentuk ataupun berat badan secara cepat dan mendadak juga menjadi penyebab terjadinya penyakit hernia. Perubahan berat badan tak hanya sebatas akan mengubah bentuk dan kadar lemak dalam tubuh Anda, namun perubahan tersebut juga dapat menyebabkan perubahan posisi pada perut Anda. Apabila hal itu terjadi secara drastis, maka usus bagian bawah juga dapat turun dan terjepit pada lubang hernia. Keadaan inilah yang akan membuat Anda mengalami penyakit hernia.

Agar Anda tak mengalami penyakit hernia karena penyebab yang satu ini, maka pastikan Anda tak mengalami penurunan usus dan menjadikan Anda terkena penyakit hernia. Jaga pula pola makan Anda yang kerap kali tak diperhatikan dengan baik. Bahkan, pola makan yang baik pun akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Pastikan Anda tak mengalami batuk berkepanjangan maupun mengangkat beban yang terlalu berat agar Anda terhindar dari penyakit hernia  Dengan mengenali beberapa penyebab hernia dengan baik dan mencari langkah penghindaran yang tepat, maka Anda akan terhindar dari penyakit yang sangat menyiksa tersebut.


TAGS   hernia / penyebab hernia / penyakit hernia /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive