Blog Nirmala

Review Game PC Alien Isolation

10 Oct 2015 - 10:22 WIB

 

Review Game PC Alien Isolation

game pc ini mengangkat cerita Amanda Ripley, buah hati dari Ellen Ripley yang merupakan bintang utama pada film Alien, pada usahanya untuk mencari informasi mengenai nasib ibunya. Sesudah lima belas tahun berlalu, ia mendapatkan kabar mengenai ditemukannya Nostromo, kapal ruang angkasa yang ditumpangi ibunya dan kemungkinan adanya data akurat mengenai apa yang terjadi di sana.

Kabar tersebut membawa Ripley beserta sebagian kru dari Weyland-Yutani, perusahaan konglomerat yang membiayai ekspedisi Nostromo 15  tahun yang lalu, menuju Sevastopol Station, stasiun ruang angkasa yang mengorbit planet gas raksasa KG348. Kapal kurir ruang angkasa Torrens yang ditumpangi Ripley pada akhirnya sampai di Sevastopol serta mendapati situasi stasiun yang mengalami kerusakan total.


Ternyata Sevastopol Place mengalami kerusuhan dan mengakibatkan kondisinya jauh dari kenyamanan. Kurangnya penerangan pada setiap sudut stasiun akibat dari kerusuhan menjadikan suasana amat menyeramkan. Apa  lagi penghuni yang tersisa bertahan hidup dengan menyerang serta membunuh orang lain yang tidak merupakan awak grup mereka. Lebih parahnya lagi, Ripley mendapatkan adanya teror mengerikan yang berkeliaran didalam stasiun, memburu manusia yang lengah kemudian membunuh secara sadis di dalam kegelapan!

 

Ripley harus tetap hidup untuk menemukan jalan untuk kembali ke Torrens dan pergi dari mimpi buruk di Sevastopol serta yang paling penting menemukan berita mengenai Nostromo serta ibunya. Alien Isolation menerapkan resep terampuh yang sudah teruji di bermacam-macam genre horor, baik game maupun film, yaitu kurangi kemampuan untuk serangan balik. Sepanjang petualangan, Kalian akan sering kali kesusahan menjumpai senjata beserta amunisinya. Begitu pula dengan petunjuk yang bisa digunakan bagi membuat beragam peralatan bertahan hidup, misalnya penyembuh, granat kejut (Flashbang), serta granat asap (Smoke Grenade). Mengalahkan musuh yang menggunakan senjata bukan berarti Anda secara otomatis memperoleh senjata yang digunakannya. Paling maksimal palyer hanya menemukan amunisinya dengan jumlah sedikit !

Sama halnya dengan kemampuan untuk menyimpan permainan. tak seperti game pc horor action lain yang menggunakan sistem gate dan menghilangkan kengerian akan kematian, game ini sebatas bisa disimpan dari telepon umum yang letaknya berjauhan. Sehabis selesai menyimpan (Save), Player tidak dapat langsung menggunakannya lagi dalam jangka waktu tertentu. Hal di sini. menjadikan Save pada waktu yang tepat merupakan keharusan untuk tetap bertahan hidup. Satu feature lainnya yang dimiliki Save Point tersebut yaitu fungsinya sebagai pendeteksi gerakan musuh. Ia akan mengeluarkan suara khas detektor gerak ala film Alien yang menandakan musuh di dekatnya. Bila itu terjadi, player tdk bisa mengsave game sampai musuh pergi menjauh Oleh sebab itu, Save Point bukanlah tempat aman yang tak bisa didatangi oleh musuh. Proses mengesave juga memakan waktu dan itu tak menghalangi musuh untuk mendekati player !

Lawan yang Bisa Berpikir

Main petak umpet dengan mempertaruhkan nyawa jelas saja memerlukan algoritma sifat musuh yang benar agar menjadikannya begitu dahsyat serta mendebarkan. Video game horor yang musuhnya sebatas berjalan saja dari titik satu ke titik lain tentu saja sama sekali tidak mendebarkan. Untuk itu lah, Alien Isolation menjawabnya dengan musuh yang sanggup mempelajari apa yang dilihatnya!

 

Umpama, Player bersembunyi di bawah meja yang gelap saat musuh sedang berpatroli. Awalnya mereka tak menyadari kehadiran Player dan tetap berjalan. Tetapi, apabila mereka menyadari Anda ada didalam ruangan yang sama lalu sedang bersembunyi, maka mereka akan menggeledah pada keseluruhan sudut ruangan termasuk di bawah meja yang gelap! Untungnya, area bersembunyi di dalam game ini cukup melimpah, misalnya di dalam lemari loker dan saluran udara. Apakah dengan bersembunyi pada zona yang tertutup player pasti aman? Tidak juga! Bilamana orang lain melihat Kamu bersembunyi atau pergi dari tempat persembunyian, contohnya loker, maka lain waktu mereka pasti memeriksa loker yang ditemuinya! Mereka pasti menarik langsung Player keluar dan pada umumnya akan berakhir dengan banyak peluru bersarang di badan Ripley.

Lain lagi jika Kamu berhadapan dengan Alien. Bila bisa disamakan, Alien seperti bos terakhir musuh yang berkeliaran dan dapat Anda temui kapan saja ! tak ada event yang mengharuskan Alien hanya keluar pada area tertentu. Jadi bila Kita mendengarkan suara seperti sesuatu sedang merangkak pada langit-langit atau di bawah lantai, segera jongkok untuk meminimalkan suara langkah dan pergi menjauh!

Selamat Dari Kejaran Alien ????

Bila Alien sudah keluar dari tempat persembunyiannya serta hadir di dekat Anda, hanya terdapat satu jalan, yaitu sembunyi ! Tetapi, jangan samakan Alien dengan manusia. Ia bisa merasakan kehadiran Kamu dari suara nafas serta panas tubuh. Oleh karena itu bersembunyi di dalam kegelapan saja tak ada gunanya. Di tahap kesulitan rendah Player mempunyai kesempatan untuk bersembunyi dari makhluk mengerikan ini hanya dengan masuk ke dalam loker ataupun saluran udara. Namun, berbeda halnya bilamana Anda memainkan game ini pada tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi.

 

Di tingkat kesulitan tertinggi, Alien memiliki pergerakan yang amat susah utk ditebak. Ia mampu melakukan sesuatu yang membuat jantung Kita copot !!! Contohnya seperti cerita yang Kamu temui pada awal review ini. Jika Kamu berpikir ia bakal melakukan tindakan serupa saat mengulang file Save lalu menunggu Alien muncul dalam tempat yang sama, jangan kaget bila mendadak Kita ditarik dari belakang kemudian dilempar ke lantai, Alien muncul dari sisi pandangan Kamu, serta memperlihatkan giginya yang mengerikan sebelum layar akhirnya menjadi hitam.

Bagaimana bila Anda punya senjata serta merasa dapat mengalahkan Alien dengan semua amunisi yang Kamu kumpulkan ??? Apakah trik ini bisa sukses ?? Senjata yang ter kuat pada game ini hanya pelontar api (Flame Thrower) dengan amunisi yang super langka ditemukan hingga Anda menamatkan game ini. Senjata tersebut hanya dapat mengusir allien saja untuk sementara lalu alien akan mencari cara lain untuk menerkam mu dari lubang di langit-langit atau dari lantai !!! Bagaimana dengan senjata yang lain, contohnya pistol Revolver? Simpan lah pelurunya untuk menyerang manusia atau Synthetis.

 

Kesimpulan

Langkah berani yang diambil Allien Isolation untuk tidak mengikuti game action horor popular membuatnya patut dijuluki game horor terbaik. Tampaknya penerimaan kurang baik untuk game Alien Vs Predator serta Aliens: Colonial Marines jadi pelajaran berharga untuk mengubah bentuk game bertema allien menjadi horor murni. Efek dari keberadaan Alien yang sebenarnya jumlahnya hanya satu hingga permainan berakhir serta tak bisa dimusnahkan membuatnya menjadi teror yang pantas ditakuti. Terlebih lagi bila Alien menangkap Ripley, dapat dipastikan ia akan mati!


Hal lain yang pantas mendapatkan acungan jempol ialah kemampuan musuh yang mampu beradaptasi dengan keputusan pemain. Mereka mampu memberikan tantangan besar, bahkan untuk pemain yang telah terbiasa memainkan game horor. Ditambah lagi pencahayaan yang begitu mendukung munculnya ketakutan karena Kita tidak akan mengerti apa yang ada di balik kegelapan tersebut. Kawinkan dengan efek suara dan aransemen lagu horor unggulan, jadi Allien Isolation menjadi pengalaman penuh teror yang harus dicoba atau bila Kamu takut memainkannya, tonton lah orang lain main kemudian Kita masih dapat merasakan kengeriannya!

 

SUMBERNYA : Review Game Alien Isolation PC


TAGS  


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive